Kwarda Kepri

Kwartir Daerah Kepulauan Riau

Highlight

Belum Setahun, Arif Fadillah Berhasil Gairahkan Pramuka Kepri

Usia Gerakan Pramuka sudah 56 tahun, diusia yang sudah sangat matang tersebut telah banyak melahirkan putra putrid terbaik bangsa, begitu pula dengan Gerakan Pramuka di Provinsi Kepri, meskipun usianya baru beranjak dewasa, Namun berbagai kegiatan pembinaan karakter, dan budi pekerti kaum muda sudah banyak dilaksanakan baik saat kepemimpinan Alm. Kakak H. Muhammad Sani maupun duet maut Kak Nurdin Basirun, S.Sos.,M.Si dan  Dr. H.T.S Arif Fadillah.S.Sos.Msi. Berbagai event baik dalam maupun luar negeri selalu diikuti, dan Kwarda Kepri selalu masuk dalam deretan kontingen terbaik.

Belum setahun memimpin Pramuka Kepri setelah dilantik menjadi Ka. Kwarda pada 12 Januari 2017, Kak Nurdin dan Arif Fadillah telah banyak melakukan terobosan untuk menggairahkan kembali kegiatan kepramukaan. Diawal kepemimpinannya Arif Fadillah selaku Ka. Kwarda Kepri melakukan pembenahan struktur organisasi,konsolidasi pengurus agar lebih solid dan kompak, peningkatan fasilitas dan infrastruktur kantor pramuka di Dompak, Perluasan Buper Kwarda dari 5 Ha menjadi 10.9 Ha, membenahi tata kelola keuangan dan sistim pelaporan kegiatan agar visi Kwarda Kepri menuju pramuka yang kreatif, inovatif, berkarakter, akuntabel dan transparan sesuai yang tertuang dalam renstra dapat tercapai.

Sensitifitas social Arif sangat tinggi, hal ini terlihat dari dikerahkannya anggota Pramuka Kepri untuk membantu korban bencana gempa di Aceh, bahkan Istri Gubernur Kepri Kak Noorlizah Nurdin terlibat langsung dalam penggalangan bantuan Dana maupun sembako untuk korban gempa Aceh tersebut. Lebih dari 1 kontainer berhasil dikumpulkan dari rakyat Singapura oleh Kak Noorlizah Nurdin yang kebetulan memang punya banyak relasi di negeri jiran tersebut. Bahkan Kak Arif dan Kak Noorlizah Nurdin mengawal langsung penyerahan bantuan kemanusiaan tersebut ke Aceh.

Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia diaplikasikan oleh Arif dalam bentuk Penghijauan bumi perkemahan pramuka di dompak yang didukung oleh seluruh Pengurus, Korp Pelatih, Andalan Daerah, dan pengurus DKD dengan menanam 150 tanaman buah nusantara. Kwarda Kepri juga bekerjasama dengan Anggota pramuka SDIT  Almadinah dalam kegiatan penanaman 1000 pohon pelindung.

Usai kegiatan penghijauan, Kwarda Kepri turut memberi dukungan  terhadap kegiatan Kursus Mahir Lanjutan bagi Pembina Pramuka Sako Islam. Kwarda  Kepri bahkan kembali terlibat dalam 3 event Nasional yaitu Pelayaran Nusantara, Kemah Madrasah Aliyah di Bangka Belitung dan Kemah Budaya Nusantara di Palangkaraya. Disaat yang sama Kwarda Kepri berhasil melaksanakan kegiatan Lomba Tingkat IV yang dibuka langsung oleh Gubernur Kepri  Nurdin Basirun yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah. LT IV yang dilaksanakan pada tanggal 9-13 Juli 2017 tersebut diikuti oleh anggota pramuka penggalang setingkat pelajar SLTP dari 5 Kwartir Cabang yaitu  Kwartir Cabang Tanjungpinang, Bintan, Batam, Karimun, dan Lingga. Kontingen Kwarcab Batam baik regu putra maupun putri berhasil meraih regu berprestasi tinggi dan akan mewakili Kwarda Kepri ke Lomba Tingkat V Nasional bulan Oktober mendatang di Jakarta.

Bukan Arif namanya bila tidak datang langsung dalam sebuah acara atau kegiatan. Senyum sumringah terlihat pada wajah para pengurus dan anggota DKD ketika melihat Arif Fadillah turun dari mobilnya. Bliau menyambangi Kantor Kwarda untuk membuka langsung kegiatan KPDK bagi pengurus dan anggota DKC se Kwarda Kepri usai melantik Ka. Mabicab, anggota Mabicab, Ka. Kwarcab, DKC, dan alat kelengkapan Kwarcab Bintan. Kegiatan KPDK tersebut dilaksanakan pada tanggal 29 Juli – 02 Agustus 2017 di Bumi Perkemahan Pusdiklatda Kwarda Kepri.

Laksana air dicincang tak akan putus, inilah yang dapat menggambarkan begitu padat dan tidak hentinya kegiatan kepramukaan di Kepri sejak dipimpin oleh Arif Fadillah, bahkan Saat ini anggota pramuka terbaik golongan penegak pandega atau setingkat pelajar SLTA asal Kwarda Kepri sedang mengikuti kegiatan Raimuna Nasional di Cibubur-Jakarta sejak tanggal 14 hingga 22 Agustus 2017. Raimuna Nasional dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo 14 Agustus yang lalu.

Kepiawaian Arif memimpin Kwarda Kepri memang tak diragukan lagi, hal ini terbukti dari suksesnya pelaksanaan rangkaian kegiatan peringatan hari Pramuka Mulai dari donor darah yang diikuti oleh Orsospol, komunitas donor darah Tanjungpinang, mahasiswa dan pelajar se-kota Tanjungpinang dan dihadiri langsung oleh Ketua Kwartir Cabang Bintan Dalmasri Syam dan Ka.Mabicab Tanjungpinang yang juga Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah pada Sabtu,5 Agustus 2017 di Gedung Bintan Expo. Kegiatan Donor darah ini atas kerjasama Kwarda Kepri dengan PMI dan berhasil meraih rekor pengumpulan kantong darah terbanyak yaitu sebanyak 58 bungkus kantong darah yang semula ditarget hanya 56 kantong dari 108 pendonor. Angka 56 tersebut bermakna 56 tahun hari pramuka.

Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah ziarah kemakam pahlawan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 6 Agustus 2017 juga meraih sukses. Ka Kwarda Kepri Dr. H.T.S Arif Fadillah.S.Sos.Msi hadir langsung pada kegiatan tersebut. Kegiatan ini diikuti oleh 500 anggota pramuka terdiri dari 300 orang anggota pramuka penegak pandega dari Kwarcab Tanjungpinang dan Bintan, 200 orang para  Pembina serta utusan saka bahari, wana bhakti, bhayangkara, dan kalpataru. Ziarah makam tersebut dihadiri pula oleh Ka. Kwarcab Tanjungpinang Syahrul, S.Pd. Rangkaian pelaksanaan kegiatan hari pramuka ini dipimpin langsung oleh Waka Bina Muda Drs. Huzaifa Dadang Ag, M.Si.

Kwarda Kepri juga membuat program “Pramuka Mengudara” yakni sebuah acara hasil kerjasama dengan RRI Tanjungpinang. Kegiatan ini dirancang agar Kwarda Kepri dapat menginformasikan kegiatan kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan kepada masyarakat luas. Kegiatan on air di RRI ini juga bertujuan memperoleh saran dan masukan dari masyarakat agar kegiatan kepramukaan di Kepri semakin maju. Turut hadir dalam kegiatan “Pramuka Mengudara” tersebut Ka. Kwarcab sekaligus Wakil Walikota Tanjungpinang Kak Syahrul,S.Pd dan unsur pimpinan Kwarda Kepri yaitu Ketua Harian Kak Ir.Lamidi, MM, sekretaris Kwarda Drs. Eko Sumbaryadi, Waka Bina Muda Drs. Huzaifa Dadang Ag, M.Si, serta sekretaris Kwarcab Tanjungpinang Kak Imam Syafii.

Soliditas,kekompakan dan semangat kepramukaan di internal pengurus juga berhasil dibangun oleh Arif Fadillah, hal ini terlihat dari selalu hadirnya unsur pimpinan Kwarda Kepri dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan seperti Ketua Harian Kak Ir.Lamidi, MM, sekretaris Kwarda Drs. Eko Sumbaryadi, bendahara Kak Abdullah, Waka Bina Wasa Drs. Syamsuardi,MM, Waka Bina Muda Drs. Huzaifa Dadang Ag, M.Si, Ka. Pusdiklatda Muhammad Basri, SP, Waka Abdimas, Humas dan TTG  Drs. Sardison, M.TP, Bendahara Abdullah, S.Sos, MH, Waka Usaha Dana dan Sarpras  Drs. Maifrizon, M.Si, Ketua Dewan Kehormatan  Ir. H.M. Nur Syafriadi, M.Si, Ka. Korp Pelatih  Drs. H. Ahadi, Ketua Lembaga Pemeriksa Keuangan  Teguh Ahmad Syafari, M.Si dan  Ka. Puslitbang  Kak H. Burhanuddin, S.Sos, M.Si serta para pengurus, andalan kwarda dan anggota DKD.

Peringatan hari pramuka ke-56 yang berlangsung tanggal 19 Agustus 2017 di Gedung Daerah Tanjungpinang meraih sukses besar, kegiatan upacara peringatan hari pramuka tersebut diikuti lebih dari 5000 anggota pramuka. Kesuksesan ini menjadi pembuktian bahwa begitu agresif dan semangatnya Arif memimpin Gerakan Pramuka di Kepri. Semoga niat tulus Kak Arif dan Pengurus Kwarda Kepri senantiasa mendapat ridho Allah SWT, dukungan dari anggota pramuka dan masyarakat, sehingga program pembinaan pembentukan watak, karakter, keterampilan Generasi Muda mencapai hasil maksimal.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *