Kwarda Kepri

Kwartir Daerah Kepulauan Riau

Highlight Kepri

Kepri Ikuti ToT Tim Pembina Pramuka SMA Propinsi 2018

Pendidikan Nasional bertujuan untk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Secara substantif, karakter yang ingin dibangkitkan dan dibangun pada peserta didik Sekolah Menengah Atas adalah karakter yang baik, berjiwa mandiri, dan berdikari, sifat visioner, cerdas, kreatif dan terbuka, jujur, ikhlas, religious dan adil. Karakter yang berkaitan dengan aspek kinestetis, yaitu dicirikan dengan sifat gigih, kerja keras, disiplin, bersih dan bertanggung jawab, dan olah rasa/ karsa yang dicirkan sifat peduli, demokratis. Gotong royong dan penolong.

Berkenaan dengan hal itu Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kementerian Pendidikan Nasional bekerjasama dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melaksanakan kegiatan Koordinasi Kegiatan Pendidikan Kepramukaan dalam bentuk Training of Trainer (ToT) Tim Pembina Pramuka SMA Propinsi Tahun 2018. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Februari 2018 s.d. 1 Maret 2018, bertempat di Dharmawan Park (Hotel Rukun Senior living) Jalan Babak Madang No. 99, Sentul Selatan Bogor Jawa Barat.

Training of Trainer (ToT) Tim Pembina Pramuka SMA Propinsi Tahun 2018 diikuti oleh peserta dari unsur Dinas Pendidikan Provinsi, Kwarda Gerakan Pramuka, dan Pembina Pramuka dengan rincian:

  1. Pejabat Pembuat Komitmen Dinas Pendidikan Provinsi 34 orang.
  2. Unsur Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi 34 orang
  3. Guru SMA yang aktif sebagai Pembina Pramuka 68 orang.

Delegasi dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Riau adalah Muhammad Basri yang juga selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kwarda Kepri.

Sedangkan Nara Sumber , tim pelatih, dan fasilitator  kegiatan ini adalah dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kementerian Pendidikan Nasional, Pusdiklat, dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Tujuan dari kegiatan ini adalah:

  1. Mengkoordinasikan kegiatan Pendidikan Kepramukaan di Provinsi untuk menyamakan persepsi bagi penyelenggara dan fasilitator di Tingkat Provinsi.
  2. Mensosialisasikan kebijakan Direktorat Pembinaan SMA tentang pelaksanaan kegiatan penguatan pendidikan karakter melalui kepramukaan.
  3. Memberikan pedoman teknis kegiatan pendidikan kepramukaan di tingkat provinsi.
  4. Membentuk Tim Pelaksana kegiatan pendidikan kepramukaan di tingkat provinsi
  5. Menyusun Rencana Kerja (Action Plan) kegiatan pendidikan kepramukaan di Tingkat Provinsi.

Hasil yang diharapkan dari Koordinasi Kegiatan Pendidikan Kepramukaan adalah :

  1. Mengkoordinasikan kegiatan pendidikan karakter melalui Pendidikan Kepramukaan dan menyamakan persepsi bagi penyelenggara dan fasilitator di Tingkat Provinsi.
  2. Tersosialisasikannya kebijakan Direktorat Pembinaan SMA tentang pelaksanaan kegiatan penguatan pendidikan karakter melalui kepramukaan.
  3. Tersedianya pedoman teknis kegiatan pendidikan kepramukaan di tingkat provinsi.
  4. Terbentuknya Tim Pelaksana kegiatan pendidikan kepramukaan di tingkat provinsi
  5. Tersusunnya Rencana Kerja (Action Plan) kegiatan pendidikan kepramukaan di Tingkat Provinsi

(sumber:Muhammad Basri penulis:zulkifli/humaskwarda)

 

 

 

 

 

 

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *