Kwarda Kepri

Kwartir Daerah Kepulauan Riau

Highlight Tanjungpinang

Aksi Nyata Saka Kalpataru

Satuan Karya Pramuka Kalpataru merupakan satuan pramuka yang berrgerak di Lingkungan Hidup dan mempunyai 3 Krida. Ketiga Krida tersebut adalah.1. Krida 3R, 2. Krida Perubahan Iklim dan, 3. Krida Konsevasi dan Keanekaragaman Hayati. Adapun implentasi dari krida tersebut adalah bagaimana menjadikan ekositem taman menjadi terpelihara dan tetap bertahan dan dapat dinikmati oleh semua makhluk hidup.

Kegiatan yang bermanfaat yang dilakukan anggota Satuan Karya Pramuka Kalpataru yang merupakan agenda rutin selain latihan mendapatkan ilmu secara teori ada juga latihan terjun langsung kelapangan untuk merawat pohon yang pernah ditanam baik oleh kelompok LSM yang bergerak dibidang lingkungan maupun Pemerintah Daerah  serta yang ditanam oleh anggota kalpataru itu sendiri.

Kegiatan perawatan pohon yang dilaksanakan lokusnya di sepanjang jalan menuju bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang diikuti oleh anggota Satuan Karya Pramuka Kalpataru, pada kesempatan kali ini dilaksanakan pada hari Juma`at tanggal 30 Maret 2018

Kegiatan perawatan ini bertujuan agar pohon-pohon yang ditanam tetap tumbuh dan pada akhirnya dapat bermanfaat untuk menghasilkan oksigen yang saat ini sudah sangat kritis disebabkan pemanasan global yang terjadi dimana-mana. “Kalau bukan kita, siapalagi yang akan memelihara bumi kita” disampaikan oleh Wakil Pimpinan Satuan Karya Pramuka Kalpataru kak Surya pada kesempatan terpisah.

Kegiatan juga disejalan untuk mendapatkan tanda kecakapan khusus pada krida yang ada pada Satuan Karya Pramuka Kalpataru.

Perawatan dilakukan dengan cara membuang benalu/parasit yang terdapat dipohon, selain itu juga dilakukan pemupukan yang mana pupuk tersebut merupakan hasil praktek krida 3R SKK Komposting dari anggota Satuan Karya Pramuka Kalpataru itu sendiri (Sumber/SMS)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *