Kwarda Kepri

Kwartir Daerah Kepulauan Riau

Bintan Highlight

Hasil Muhibah Ke Kepri, Alumni UNRI Lahirkan Ide Bangun Sanggar Pramuka

Alumni Pengurus Pramuka Universitas Riau (UNRI) melakukan Kunjungan Muhibah ke Kwarda Kepri pada tanggal 30 Maret – 1 April 2018. Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari Ketua Harian Kwarda Kepri Ir. Lamidi,MM yang juga sebagai penanggung jawab kegiatan muhibah tersebut bahwa jumlah kontingen alumni gudep 01.02 Pramuka UNRI sebanyak 70 orang. Alumni tersebut berasal dari Pekan baru, Dumai, Duri, Bagan Siapi api, Siak Sri Indrapura, Taluk Kuantan, Bangkinang, Tangerang Banten, Batam, Natuna, Tanjupinang dan Tuan rumah Bintan.

Selama berada di Kepri tepatnya di desa Berakit Kabupaten Bintan, para Alumni Pramuka UNRI Melaksanakan kegiatan Loka Karya dengan Materi pembahasan yaitu Strategi Pengembangan Sanggar Gudep 01-02 dan Upaya Memajukan Pramuka Perguruan Tinggi.

Tak tanggung-tanggung, Panitia mendatangkan Nara sumber berkaliber Nasional yaitu Kak Hendro Ekwarwo yang juga Andalan Nasional serta Ir. Lamidi,MM Ketua Harian Kwarda Kepri.

Dari hasil diskusi bersama nara sumber diperoleh ide, gagasan dan rumusan untuk mengembangkan sanggar pramuka dan langkah- langkah memajukan pramuka di perguruan tinggi.

Adapun langkah awal untuk mengembangkan sanggar adalah:
1. Merancang program kerja yang bersifat kekinian (jaman now) sehingga dapat menarik minat generasi muda untuk bergabung di pramuka.

2. Menyediakan wadah tempat para anggota pramuka dapat berkumpul dan mendiskusikan program kerjanya seperti Membangun Sanggar Pramuka.

3. Pengembangan pramuka di perguruan tinggi harus menciptakan kegiatan yang menarik agar bisa menarik anak2 dilingkungan sanggar atau gudep terdekat dengan demikian bisa membawa anak didik kearah yg lebih baik.

“Alhamdulillah para alumni sepakat dan sangat bersemangat dengan point no.2 yaitu membangun sanggar pramuka di Kampus UNRI, karena sanggar yang lama sudah tidak ada lagi akibat bencana”, ungkap Lamidi yang juga Alumni dan Aktifis Pramuka UNRI.

Lamidi melanjutkan bahwa Pembangunan sanggar pramuka mesti dilakukan dengan cara gotong royong. Dengan menghimbau semua Alumni agar berpartisipasi untuk mewujudkan Sanggar tersebut. Karena kebutuhan dana sangat besar yaitu sekitar 285 juta.

“Jika semua Alumni bergotong royong dan bahu membahu, Insya Allah cita-cita kita untuk membangun sanggar pramuka akan terwujud, pembangunannya di cicil, mulai dari pondasi dulu, perlahan naikkan bata dan seterusnya, ini kan bagian dari amal jariah kita, saya yakin Alumni akan dukung penuh”, ungkap Lamidi.

Selain lokakarya, para Alumni juga disuguhkan dengan kegiatan game dan berkemah di alam terbuka. Perkemahan dilaksanakan di pantai dengan pasir putih dan laut nan jernih. Para Alumni pun tak berganjak dari lokasi yang sangat indah mempesona tersebut.

Keelokan alam Bintan dengan pasir putih dan laut yang jernih sangat mendukung pelaksanaan kegiatan games dan out bound para Alumni. Pelaksanaan games disesuaikan dengan kelompok per angkatan. Sorak sorai, canda tawa mewarnai menambah semarak dan mengukuhkan tali silaturahim para alumni.

“Salah satu motivasi kegiatan ini adalah kita ingin mempererat tali silaturahim antar sesama alumni mulai dari angkatan 1984-2006, baik yang ada di Riau, Sumatera, Jawa maupun di Kepri”, ungkap Lamidi.

“Disamping itu kunjungan muhibah ini juga sebagai wadah untuk memberikan sumbangan pemikiran pisitif bagi pengurus racana gudep 01-02 saat ini, agar pengembangan kegiatan kedepan lebih kreatif, inovatif dan peka zaman. Dan diharapkan juga Sanggar Pramuka menjadi wadah yang menyenangkan dan sebagai labor dalam mengembangkan kepemimpinan”, ungkap Lamidi.

Usai out bound, para alumni melaksanakan kegiatan wisata dengan mengunjungi desa wisata berakit, wisata religi bertaraf internasional seperti mesjid Sultan Riau, makam Raja Haji Fisabilillah, Raja Ali Haji, Makam Engku Putri (Raja Hamidah) di pulau Penyengat, wisata alam padang pasir putih, kolam biru, pantai trikora 3, 4, desa pengudang, kampung otak-otak di Kijang, jembatan terpanjang di Kepri, pulau dompak, Jembatan Barelang, mesjid pink dan mesjid Tanjung Uban.

Para Alumni Pramuka Universitas Riau ini sangat puas dengan penyambutan dan pelayanan yang diberikan oleh Kwarda Kepri, mereka berharap kerjasama dengan Kwarda Kepri tetap terbina dan ditingkatkan.(sumber: Ir.Lamidi,MM)

 

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *