Kwarda Kepri

Kwartir Daerah Kepulauan Riau

Highlight Natuna

Bertukar Atribut Pramuka

Swapping itu tradisi dunia. Anggota World Scout melakukannya untuk mengoleksi badge pramuka dunia dan nilai-nilai persahabatan dunia. Tradisi bertukar atribut pramuka kini mulai disukai di Indonesia. Namun, dalam swaping atribut pramuka ada perbedaan antara suka mengoleksi dan suka swapping.

SWAPS bukan hanya tentang koleksi atribut

Kalau hanya suka mengoleksi, Anda tinggal beli. Asal punya uang, Anda bisa membeli di toko atau kedai pramuka. Atau, Anda bisa memesannya di tukang bordir pembuat atribut.

Lebih jauh, swapping mengundang cerita dan kisah perjalanan seorang pramuka dalam mendapatkan atribut pramuka yang terkumpul.

Jejak persahabatan di balik tradisi Swapping

Bertukar atribut dimulai dari apa yang Anda miliki. Lalu, Anda mencari pramuka lain yang memiliki atribut untuk ditukar juga. Tapi bukan atribut yang tertempel di baju pramuka. Itulah ide awal bersahabat dengan sesama pramuka dengan swapping.

Begitulah yang dilakukan beberapa Pramuka Kwarda Kepulauan Riau yang hadir pada saat Jambore Wilayah Selatan ke 13 si Pattani lalu.

Banyak pengalaman baru dan sahabat baru, sayang hanya lapak dari Pramuka saja yang ada untuk swaps…bersiap dan siapkan modal badge , scraf atau lainnya untuk ditukar….selanjutnya tergantung anda…selamat..mencoba. (kontributor/harmidi)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *