Kwarda Kepri

Kwartir Daerah Kepulauan Riau

Highlight Lingga

Penilaian Kwarcab Tergiat: Tim Monev Kwarda Kepri Kunjungi Lingga

Lingga – Tim Monitoring dan Evaluasi Kwarda Kepri yang terdiri dari Kak Eko Sumbaryadi, Efrizal Sy dan Kuswantara bertolak dari Tanjungpinang menuju Dabok Singkep Kabupaten Lingga.

Kedatangan Tim Monev tersebut dalam rangka melakukan monitoring dan evaluasi untuk penetapan Kwartir Cabang tergiat.

Ketua Tim Monev Eko Sumbaryadi mengatakan bahwa sebelum Lingga, timnya juga sudah mendatangi Kwarcab Bintan dan Karimun. ” Selama beberapa minggu kedepan kami akan monitoring ke seluruh kwarcab, sehingga saat hari Pramuka sudah dapat kita umumkan kwarcab yang memperoleh predikat tergiat,” ungkap Eko.

Pelatih Pramuka yang pernah keliling nusantara menggunakan vespa ini mengatakan masih ada beberapa Kwartir Cabang yang belum siap untuk dimonev dan dilakukan penilaian, sehingga timnya memilih untuk berkunjung ke Kwartir yang sudah menyatakan kesiapannya.

“Idealnya dalam sebuah penilaian atau lomba, tidak bisa kita mengatakan kita belum siap, siap tidak siap seluruh kwartir cabang harus siaga satu ketika tim monev datang tiba-tiba untuk melakukan penilaian. Namanya juga lomba ya harus mempersiapkan dirilah,” ungkap Eko.

Namun Pelatih senior ini memaklumi bahwa sebagian kwartir cabang memang masih berbenah diri dan sedang berusaha meningkatkan kualitas manajemen kwartirnya masing-masing, sehingga tahun depan ungkapan “kami belum siap” tidak ada lagi.

Kuswantara atau Kak Am menambahkan bahwa Kwarcab tergiat tidak hanya dinilai dari banyaknya kegiatan yang dilaksanakan, namun ada aspek penunjang lainnya seperti sarana prasarana kantor, kerapian dan tertib administrasi seperti surat masuk/keluar, surat keputusan, akuntabilitas dan sistim pelaporan keuangan, aspek perencanaan, program kerja, dokumentasi kegiatan kwartir dalam bentuk poto atau vidio, dan lain lain.

Ditempat terpisah Ketua Harian Kwarda Kepri menuturkan bahwa Gelar Kwarcab Tergiat bukanlah segalanya, penilaian ini punya visi yang lebih besar yaitu mendorong dan memotivasi Kwartir baik ditingkat cabang, ranting bahkan sampai ke gugus depan agar secara konsisten menjaga kontinuitas dalam melaksanakan kegiatan pramuka. Selain itu agar kwarcab dapat menjaga kualitas manajemen baik pengelolaan kwartir, peningkatan kualitas pendidikan peserta didik dan pembina, serta peningkatan peran pramuka dilingkungan masyarakat.

Lamidi berharap dengan adanya penilaian Kwarcab Tergiat ini dapat memotivasi Kwartir Ranting melakukan penilaian pada gugus depan tergiat, sehingga dimasa yang akan datang kualitas manajemen kwartir mulai dari gugus depan, ranting, cabang dan kwarda akan semakin rapi dan berkualitas.

“Bila kualitas pengelolaan Kwartir sudah bagus, maka akan mudah bagi kita berpartisipasi pada tingkat nasional baik pada penilaian Kwarda maupun gugus depan tergiat,” tutup Lamidi.(Zul/humas)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *