Kwarda Kepri

Kwartir Daerah Kepulauan Riau

Bintan

Kak DR. Rusli, M.Eng Pimpin Upacara Ulang Janji Pramuka.

Sekitar 300 Pembina Pramuka dan Anggota Pramuka se- Kwartir Ranting Bintan Timur, mengikuti Upacara Renungan Ulang Janji menjelang Peringatan Hari Pramuka Ke – 57 di Lapangan Relif Antam Kijang, Senin (13/8/2018) malam.

Renungan dan ulang janji dipandu oleh Camat Bintan Timur Kak Dr. Rusli, M. Eng, selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting Bintan Timur dan dihadiri sejumlah Pengurus dan Andalan Kwarran Bintan Timur, beserta Perwakilan SAKA.

Acara dimulai sekitar Pukul 22.00 WIB malam menjelang hari Pramuka tanggal 14 Agustus 2018 dengan saling memberi hormat yang dipimpin oleh Pemimpin Upacara renungan kepada Pembina Ulang Janji.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan penyalaan Api Dasadharma sebagai simbol Dharma Pramuka yang perlu dihayati, ditanamkan dan diamalkan oleh anggota Pramuka. Sekaligus sebagai semangat kaum muda Indonesia yang menyala–nyala.
Kemudian, pembacaan renungan dan ulang janji oleh Wakil Ketua Kwarran Bintan Timur kak Tumadi, S.Pd.I.

Tidak lama kemudian, Sang Merah Putih, lambang kebanggaan bangsa Indonesia, yang mencerminkan keberanian karena membela yang benar dan menjadi saksi apa yang direnungkan jajaran Pramuka, memasuki arena upacara renungan dan menempatkan diri di tengah arena dengan mengambil posisi sebelah pemimpin upacara.

Drs. Rusli, M. Eng selaku Pembina Upacara mengajak kepada peserta upacara renungan untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunia yang diberikan. Dijelaskannya, setelah merenungkan bersama akan perjalanan perjuangan dan pengabdian kita, maka pada kesempatan yang baik ini marilah kita semua sebagai Pandu Indonesia membulatkan tekad, mengorbankan semangat untuk meneruskan perjuangan dan pengabdian itu demi tercapainya tujuan bangsa, yakni masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

“Marilah kita pegang Sang Merah Putih dan letakkan didada sebelah kiri, dengan maksud agar selama jantung kita masih berdetak. Kita akan selalu ingat, bahwa dipundak kita, dipercayakan tugas dan tanggungjawab untuk melaksanakan janji Pramuka Indonesia, Tri Satya,” ajaknya yang diikuti seluruh peserta.

Sebelumnya, saat temu ramah dengan para pengurus dan Andalan Kwarran Bintan Timur kak Rusli mengatakan, dari peran aktif pramuka inilah Pramuka Bintan Timur berhasil menjadi garda terdepan organisasi di Bintan Timur. “Kakak inilah barisan terdepan, sebagai penggerak gerakan pramuka. Untuk membawa adek-adek kita ini menjadi adek-adek yang kuat, mandiri, sehingga kita bisa berprestasi yang membanggakan adalah kerja keras dari kakak-kakak semua yang bekerjasama dengan Gudep dan Pembina itulah yang telah berbuat dengan baik,” ujarnya.

Camat menerangkan prestasi bukanlah menjadi tujuan, tetapi bagaimana kita berbuat untuk menyiapkan generasi bangsa yang berkarakter, berani dan berjiwa besar, sehingga dapat diandalkan dan diharapkan menjadi orang yang memiliki makna dan arti bagi bangsa dan negara, serta memberikan pengaruh yang positif bagi lingkungan sekitarnya. (andesit)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *