Kwarda Kepri

Kwartir Daerah Kepulauan Riau

Bintan Highlight

KWARCAB BINTAN SIAP BEKERJA SAMA DENGAN BAWASLU BINTAN DALAM PENGAWASAN PELAKSANAN PEMILU 2019

Pemilu bukan hanya sekedar serimonial politik yang menafikan partisifasi politik masyarakat. Masyarakat harus juga menjadi subyek dalam proses pemilu.

Pengawasan juga menjadi sarana pembalajaran poltik yang baik bagi masyarakat.

Gerakan pramuka merupakan wujud asosiasi dalam masyarakat. Gerakan pramuka mempunyai potensi besar turut berpartisipasi dalam melaksanakan pengawsan pemilu.

Kak Drs. Yasman andhika selaku wakil ketua bidang organisasi dan hukum kwarcab bintan yang mewakili ka. kwarcab bintan dalam penandatangan MOU/ kerja sama dengan Bawaslu Bintan pada tanggal 12 Desember 2018 di hotel aston Tanjungpinang tentang pengawasan partisipatif pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD serta Pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2019 Mengatakan Gerakan pramuka kwartir Cabang Bintan siap mendukung dan akan melakukan pengawasan partisipatif dalam pelaksanaan pilkada dan pemilu tersebut.

Pramuka penegak dan pandega merupakan pramuka usia 16 – 25 tahun merupakan usia kategori pemilih pemula yg masih minim pemahaman tentang pelaksanaan pemilu. Dengan diikut sertakan pramuka dalam pengawasan partisipatif ini, diharapkan pemilu dan pilkada dapat dilaksanakan sesuai azaz sehingga dapat menghasilkan para pemimpin yg sesuai dgn harapan kita semua.

Gerakan pramuka bisa menjadi inisiator dan pelopor bagi pemuda pemudi bangsa untuk menjadi relawan dalam menegakkan demokrasi. Gerakan pramuka bisa menularkan semangat kerelawanan dalam pemilu. (iruel)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *