Kwarda Kepri

Kwartir Daerah Kepulauan Riau

Bintan Highlight

Bawaslu Gandeng Pramuka Jadi Relawan Pemilu

Sosialisai peningkatan partisipasi Relawan dalam pengawasan tahapan pemilu di Kabupaten Bintan, yang di laksanakan di hotel Bhara resort Km 25 toapaya. Dibuka oleh Ketua Bawaslu Febriandinata menyampaikan dalam sambutannya, bawaslu melibatkan organisasi-organisasi kemasyarakatan dalam pengawasan pemilu termasuk salah satunya gerak Pramuka kwartir Cabang Bintan .

Kwartir Cabang Bintan dan Bawaslu telah penandatanggani MOU/kerja sama dengan Bawaslu pada Tgl 12 Desember di hotel Asrton Tanjungpinang , tentang pengawasan partisifatif pemilu anggota DPR,DPD,dan DPRD serta pemilihan presiden tahun 2019.

Dalam sosialisasi melalui anggota Pramuka sekabupaten Bintan yang hadir , “ yang mana tujuan Relawan Pemilu dibentuk untuk Pengawasan dan kontrol publik untuk menjaga suara & kedualatan rakyat “, disini adek-adek di berikan bekal seperti apa saja pelangaran pelangaran yang dilakukan oleh oknum peserta pemilu , serta langkah – langkah apa yang harus dilakukan oleh relawan pramuka dalam mengatasi terjadinya ke curangan dalam pemilu. Bawaslu Bintan sangat berharap besar relawan pramuka kwarcab Bintan aktif dalam pengawasan pemilu , menyampaikan informasi, pengaduan/laporan pelangaran pemilu yang ada dilingkungan mereka.

Bawaslu Kabupaten Bintan juga akan segara membentuk Saka Adhyasta Pemilu agar “Pramuka Bintan diharapkan dapat lebih berperan aktif menjadi agen perubahan ditengah masyarakat menyampaikan pentingnya menyalurkan hak pilihnya untuk memilih pemimpin daerah dan pemimpin bangsa, serta menyampaikan hal-hal yang dilarang dalam pelaksanaan pemilihan anggota DPR,DPD,dan DPRD serta pemilihan presiden tahun 2019.
Adek-adek Pramuka dapat mendorong pemilu berintegritas.

Sebab keikutsertaannya mengawal dan mengawasi pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu akan menguatkan Bawaslu dari sisi pengawasan.”adek-adek pramuka belum terkontaminasi dengan kepentingan politik praktis, sehingga harapan bawaslu memalui Saka Adhyasta Pemilu yang dicanangkan dapat mengawal demokrasi yang berkualitas dan bermartabat”.(DS)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *