Kwarda Kepri

Kwartir Daerah Kepulauan Riau

Highlight Tanjungpinang

Hari Pramuka Ke 58 Waka Mabida Kepri Mendapat Penghargaan Lencana Darma Bakti

Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-58 Tahun 2019, yang mengambil tema “Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”, Kwartir Daerah Kepulauan Riau menyelenggarakan berbagai kegiatan diantaranya :

1. Kegiatan Lomba Pionering dan Semaphore

Lomba ini dibuka oleh Ketua Harian Kwarda Kepri, kak Ir. Lamidi, MM, diikuti oleh pramuka penggalang se-Kwarda Kepri, Kegiatan tersebut dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Sabtu / 20 juli 2019

Tempat          : Bumi Perkemahan Kwarda Kepri di Pulau Dompak.

 

2. Latihan Pengembangan Kepemimpinan (LPK)

Kegiatan ini dikhususkan untuk melatih para Anggota Dewan Kerja Cabang, dalam merencanakan konsep kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan pelaporan kegiatan, LPK ini dilaksanakan pada tanggal 24 s.d 28 Juli 2019. Diharapkan dengan kegiatan ini akan lahir calon pemimpin yang unggul dan mampu memajukan Kwarda Kepri.

 

 

 

3. Gotong Royong Massal

Sebagai bentuk perhatian dan partisipasinya pada lingkungan dan masyarakat, Kwarda Kepri menyelenggarakan kegiatan Bakti Masyarakat dalam bentuk gotong royong massal pada :

Hari/Tanggal  : Minggu/ 3 Agustus 2019.

Waktu            : Pukul 08.00wib sd selesai

Tempat           : Terminal Sungai Carang

Peserta            : 400 Anggota Pramuka Penggalang, Penegak dan Pembina

Kegiatan gotong royong masal ini berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 67 kantong dengan berat 250 kg. Gotong royong missal dan bakti social ini dibuka secara langsung oleh Ketua bidang TTG, Abdimas dan Humas Drs. Sardison, M.TP.

4. Aksi Donor Darah

Pada hari Kamis tanggal 8 Agustus 2019 betempat di Bintan Expo, untuk ke 3 kalinya Kwarda Kepri menyelenggarakan Aksi Donor Darah. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Kwarda Kepri Dr. H. T. S. Arif Fadillah, S.Sos. M.Si. Kegiatan donor darah ini diikuti oleh 116 orang peserta yang terdiri dari instansi pemerintah, pelajar, organisasi kepemudaan, komunitas donor darah dan elemen masyarakat. Panitia pelaksana menargetkan 58 kantong darah sesuai dengan hari pramuka ke 58 tahun, namun diluar dugaan, perolehan kantong darah melebihi target yaitu sebanyak 63 kantong darah.

5. Nonton Bareng Festival Film Pramuka

Usai aksi donor darah, Kwarda Kepri menyelenggarakan Nonton Bareng Festival Film Pramuka di ruang studio Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kepri. Kegiatan nobar ini dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 9 Agustus 2019 yang dibuka oleh Ketua Kwarda Kepri Dr. H. T. S. Arif Fadillah, S.Sos. M.Si dan dihadiri oleh Sekretaris Kwarda Kepri Drs. Eko Sumbaryadi, Ketua Bidang TTG, Abdimas, dan humas Drs. Sardison, M. TP, dan sejumlah pengurus, andalan kwarda Kepri, anggota DKD dan peserta lomba film pendek pada kegiatan Festival Film Pramuka.

Maksud dan tujuan dilaksanakanya Festival Film Pramuka tersebut adalah Menumbuhkan kreatifitas, Belajar eksplorasi ide dan gagasan, Menumbuhkan rasa percaya diri, Melahirkan bibit-bibit actor, aktris, dan cineas muda, Menambah pengetahuan dan wawasan mengenai produksi film mulai dari proses pembuatan skenario, shooting, hingga proses editing.

Peserta yang masuk nominasi dan memenangkan lomba pembuatan film pendek berdurasi maksimal 20 menit pada kegiatan Festival Film Pramuka tersebut secara berurutan juara 1-5 adalah SMA Negeri 1 Tanjungpinang, SMK Negeri 1 Tanjungpinang, SMP Negeri 3 Tanjungpinang, Saka Wana Bakti, SMP IT Al-Madinah Tanjungpinang, Saka Widya Budaya Bhakti, SMP Negeri 1 Tanjungpinang, dan MAN Tanjungpinang.

Peserta yang berhasil memenangkan lomba pembuatan film pendek pada kegiatan Festival Film Pramuka ini mendapat sejumlah hadiah berupa Uang Pembinaan, Piala dan Piagam Penghargaan dengan rincian sebagai berikut:

  1. Juara 1 : SMA Negeri 1 Tanjungpinang Rp. 2.500.000
  2. Juara 2 : SMK Negeri 1 Tanjungpinang Rp. 2.000.000
  3. Juara 3 : SMP Negeri 3 Tanjungpinang Rp. 1.500.000
  4. Juara harapan 1 : Saka Wana Bakti Rp. 750.000
  5. Juara harapan 2 : SMP IT Al-Madinah Tanjungpinang Rp. 750.000
  6. Saka Widya Budaya Bhakti (piagam penghargaan)
  7. SMP Negeri 1 Tanjungpinang (piagam penghargaan)
  8. MAN Tanjungpinang (piagam penghargaan)

 6. Ziarah dan Tabur Bunga

Masih dihari yang sama yaitu Jum’at tanggal 9 Agustus 2019 pukul 16.00 wib, kwarda Kepri menyelenggarakan kegiatan Ziarah dan Tabur Bunga di makam pahlawan. Ketua Kwarda Kepri Dr. H. T. S. Arif Fadillah, S.Sos. M.Si bertindak selaku inspektur uacara. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Ketua Kwarcab Tanjungpinang Kak Rahma dan anggota pramuka penegak dan pandega se-Kwarcab Tanjungpinang yang berjumlah sekitar 400 orang.

 

7. Ulang Janji Pembina dan Pelatih Pramuka

Jum’at malam pada tanggal yang sama (9 Agustus 2019), dibawah bimbingan Ketua Kwarda Kepri Dr. H. T. S. Arif Fadillah, S.Sos. M.Si dan kepala Pusdiklat Kwarda Kepri M. Basri, diselenggarakan kegiatan Ulang Janji bagi seluruh Pembina dan Pelatih Pramuka. Kegiatan ini bertujuan untuk memantapkan tekad, ikhtiar dan janji para Pembina terhadap pembinaan kegiatan kepramukaan agar lebih maju, berhasil guna dan melahirkan peserta didik anggota pramuka yang unggul sehingga mampu mengharumkan nama bangsa. Pada kesempatan tersebut dilaksanakan juga pemotongan tumpeng dan pemberian penghormatan kepada para sesepuh yang sudah mengabdikan dirinya untuk pramuka.

8. Penyembelihan Hewan Qurban

Senin, tanggal 12 Agustus 2019, Kwarda Kepri juga melaksanakan penyembelihan hewan qurban dengan program “Kwarda Kepri Berqurban”. Program ini sudah menjadi agenda tetap kwarda Kepri yang berada dibawah Koordinasi Drs. Sardison,M.TP yang juga menjabat Ketua Bidang TTG, Abdimas dan Humas. Peserta yang ikut program Berqurban ini adalah pengurus, andalan kwarda, dan masyarakat. Sebanyak 116 orang masyarakat dompak menerima daging hasil sembelihan 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan iman dan kecintaan kita kepada Allah SWT dan mempererat tali silaturahim.

Peserta yang mengikuti Kwarda Kepri Berqurban ini adalah:

  1. Isdianto, S.Sos.MM
  2. H.T.S. Arif Fadillah,S.Sos.M.Si
  3. Lamidi,MM
  4. Sardison,M.TP
  5. Herry Andrianto, SE.MM
  6. Sandra Wati, S.Sos.M.Si
  7. Muhammad Basri
  8. Iskandar Zulkarnain Nasution,S.IP.,M.Phil
  9. Dewi Santi
  10. Imam Rochani
  11. Arif Naldo
  12. Abbas M. Zein
  13. Rosita Rahmi
  14. Taufik hidayat
  15. Bujal

Penerima hewan qurban sebanyak 130 orang dengan rincian sebagai berikut:

  1. Peserta Qurban : 14 orang
  2. Masyarakat : 80 orang
  3. Pekerja : 7 orang
  4. Panitia : 29 orang

9. Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 58

Walaupun hari pramuka jatuh pada tanggal 14 Agustus 2019, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Riau melaksanakan upacara hari Pramuka ke 58 pada tanggal 19 Agustus 2019 bertempat di gedung daerah Tanjungpinang yang dihadiri lebih kurang 5500 orang anggota pramuka. Bertindak sebagai Pembina upacara Waka Mabida Kepri Isdianto,S.Sos.,MM.

Pada Hari Pramuka ke 58 juga diserahkan penghargaan berupa lencana Melati, Darma Bakti, Panca Warsa, dan Pramuka Garuda kepada Para Mabicab, Ka. Kwarcab, Pembina dan Anggota pramuka.

Kwarda Kepri, dibawah kepemimpinan Dr. H. T. S. Arif Fadillah, S.Sos. M.Si sangat banyak menuai kemajuan dan prestasi baik di tingkat Nasional bahkan sampai ke ASEAN. Kontingen Kwarda Kepri berhasil meraih peringkat 7 besar pada Lomba Tingkat 4 Pramuka Penggalang se-Indonesia. Dan berkat dedikasinya, Ka. Kwarda Kepri Dr. H. T. S. Arif Fadillah, S.Sos. M.Si dan Ketua harian Kwarda Kepri Ir. Lamidi.MM mendapat penghargaan Bintang Johor Darul Takzim Penghargaan tertinggi dari Pengakap Malaysia. Penghargaan tersebut disematkan langsung oleh Y.A.B Menteri Besar Johor Datuk Osman Sapian pada tanggal 18 November 2018 di Camp. Jibli, Batu Pahat, Johor Malaysia.

Dan sebuah kado istimewa yang membanggakan lagi bagi kita keluarga besar Pramuka Kepri, bahwa Tahun 2019 ini, Plt. Gubernur Kepri Kak Isdianto,S.Sos.,MM menerima Penghargaan Darma Bhakti dari Kwartir Nasional. Penghargaan ini diberikan berkat dedikasi tenaga, pikiran yang sangat membantu kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan Gerakan Kepramukaan pada umum nya yang beliau berikan.

Semoga dengan kepemimpinan Kak Isdianto,S.Sos.,MM  dan Kak Dr. H. T. S. Arif Fadillah, S.Sos. M.Si pramuka Kepri semakin Berjaya. (Zul)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *