Kwarda Kepri

Kwartir Daerah Kepulauan Riau

Highlight Tanjungpinang

Usai Vidio Conference Dengan Mendagri, Kak Arif Fadillah Pimpin Aksi Cegah Covid-19

Tanjungpinang- Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepri Dr.H.T.S. Arif Fadillah, S.Sos.M.Si memimpin langsung kegiatan Penyemprotan Desinfektan di Perumahan Jala Bestari km 8 atas Tanjungpinang (Rabu, 8 April 2020). Kegiatan ini melibatkan Tim Pramuka Peduli yang dikomandoi oleh Drs. Sardison,M.TP dan PMI Kota Tanjungpinang.

Sejumlah pengurus Kwarda Kepri tampak hadir pada kegiatan tersebut, diantaranya Ketua Harian Kwarda Kepri DR. Ir. Lamidi, MM, sekretaris Kwarda Drs. Eko Sumbaryadi, Abas M.Zein, Muryanto, Elin, Sukatno, Lucky, dan Nurman Edi.

Dalam keterangan persnya Arif Fadillah mengatakan bahwa Tim Pramuka Peduli bergerak sudah 18 hari, sejak 22 Maret 2020. Berdasarkan data yang masuk, hingga hari ini sudah lebih dari 59 titik lokasi yang disemprot menggunakan cairan desinfektan termasuk pula objek wisata Pulau Penyengat.

“Kita maklumi bersama bahwa Corona Virus Desease (Covid-19) sudah ditetapkan sebagai wabah pandemik oleh organisasi kesehatan dunia WHO. Bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberlakukan Status Darurat Covid-19 bagi Indonesia. Maka kita harus bersama-sama mencegah dan membasmi virus yang berasal dari Kota Wuhan ini, minimal tetap dirumah (social distancing) agar dapat memutus rantai penyebarannya. Selain itu rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menggunakan masker, jagak jarak 1.5 meter (physical distancing), menjaga pola hidup bersih dan sehat, makan makanan bergizi, serta beribadah dan berdoa pada Allah Swt,” ungkap Arif.

Rofikoh Wati selaku Ketua RT 007 RW 001 Perum. Jala Bestari mengucapkan terima kasih  atas kegiatan ini.

“Saya kaget liat pak Sekda datang, bahkan bliau langsung yang semprot rumah warga, atas nama warga, kami ucapkan terima kasihlah pada pramuka, semoga virus ini cepat hilang”, ungkapnya Wanita yang akrab disapa bu RT ini.

Akibat wabah ini, Seluruh Instansi Pemerintah,  Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Daerah, Bahkan juga Kwartir Nasional Gerakan Pramuka turut mengeluarkan Surat Edaran Cegah Covid-19 yang berisi himbauan untuk menunda dan menghentikan sementara seluruh kegiatan kepramukaan hingga keadaan  kembali normal dan status darurat dicabut

Selaku Ketua Kwartir Daerah Kepri Dr.H.T.S. Arif Fadillah, S.Sos.M.Si juga telah mengintruksikan Tim Pramuka Peduli dibawah Komando Drs. Sardison, M.TP segera mengambil langkah strategis untuk turut membantu pemerintah dalam rangka mencegah dan memutus rantai penyebaran covid-19 di masyarakat.

Beberapa langkah strategis yang sudah diambil adalah Sosialisasi dan Dialog Interaktif bersama Gugus Tugas Covid-19 di RRI Tanjungpinang. Dialog tersebut  dihadiri langsung oleh Kepala Dinkes Provinsi Kepri dr.Tjetjep Yudiana, Ketua PMI Kota Tanjungpinang Drs. Riono, Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Kepri Fahmi Yandra Basri, S.Pi, dan inisiator kegiatan Drs. Sardison,M.TP

Untuk mengoptimalkan penanganan wabah corona, Kwarda Kepri juga telah menghentikan diklat, perkemahan, latihan rutin kegiatan kepramukaan, dan Work From Home bagi staf Kwarda Kepri.

Sedangkan pemyemprotan Desinfektan di lingkungan Perkantoran Kwarda Kepri, Taman bermain anak, kendaraan umum, pribadi, sekolah, tempat ibadah, perkantoran pemerintah dan swasta, hotel, perumahan dan lingkungan masyarakat akan terus dilakukan hingga status darurat dicabut oleh Pemerintah.(zul).

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *