Kwarda Kepri

Kwartir Daerah Kepulauan Riau

Batam Bintan Highlight Tanjungpinang

71 Hari Sebagai Ka. Mabida Kwarda Kepri: Bahtiar Baharudin Canangkan Tanam 1 Milyar Pohon Kelapa

Tanjungpinang – Pjs Gubernur Kepri yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Kwarda Kepri Dr. Drs. Bahtiar Baharudin Mencanangkan penanaman 1 Milyar pohon kelapa.

Gagasan ini disambut baik oleh seluruh anggota pramuka Kepri yang langsung direalisasikan dalam bentuk Penanaman 1 Milyar Pohon Kelapa secara serentak pada hari Kamis, 3 Desember 2020 di Bumi Perkemahan Kwarda Kepri dan disiarkan lngsung dikanal Youtube, Medsos dan Zoom Meeting.

Ceremoni penanaman 1 Milyar Pohon Kelapa tersebut diawali dengan pengalungan kacu oleh Ka. Kwarda Kepri Dr. H. T. S. Arif Fadillah, S. Sos. M. Si dan Penyerahan Rompi Pramuka Peduli oleh Ketua Pramuka Peduli Drs. Sardison. M. TP kepada Ka. Mabida Kepri Dr. Drs. Bahtiar Baharudin. M. Si

Usai ceremoni tersebut Ka. Mabida Kepri menyerahkan bibit kelapa kepada anggota pramuka yang diterima oleh Sekretaris Pramuka Peduli Abbas M. Zein dan dilanjutkan secara serentak menanam pohon kelapa di lingkungan Bumi Perkemaham Kwarda Kepri.  Tidak hanya di Kwarda, penanaman pohon kelapa tersebut juga laksanakan diseluruh Kwarcab se-Kwarda Kepri.

Saat menyapa perwakilan Kwarcab melalui zoom meeting, Pjs Gubernur Kepri menyampaikan latar belakang munculnya gagasan penanaman 1 Milyar pohon kelapa.

“Saya kunjungan kerja ke BIE Lobam, disana ada Pabrik pengolahan kelapa, saya tanya kelapanya dari mana? Mreka jawab dari Riau dan Jambi. Lantas beberapa hari berikutnya saya menghadiri acara ekspor buah kelapa di Batam, lalu saya tanya kelapanya dari mana? Manajemennya jawab dari Jambi dan Riau. Saya merasa terenyuh, pabriknya ada di Kepri tapi knapa kelapanya dari Jambi dan Riau? Trus kita sebagai pemerintah dan masyarakat mesti bersikap apa? Makanya lahirlah gagasan Penanaman 1 Milyar Pohon Kelapa,” Ungkap Bahtiar Baharudin.

Dirjen Politik dan Pemrintahan Umum Kemendagri ini juga menambahkan bahwa Alasannya menggandeng Anggota Pramuka untuk menyukseskan program tersebut dikarenakan semangat dan filosofi kelapa itu ada pada diri dan jiwa anggota pramuka.

Ketua Kwarda Kepri Dr. H. T. S. Arif Fadillah, S. Sos. M. Si juga berkomitmen akan meneruskan program penanaman 1 Milyar pohon kelapa ini, mengingat program tersebut akan berdampak signifikan kepada pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Setali tiga uang, Drs. Sardison, M. TP selaku Ketua Pramuka Peduli Kwarda Kepri juga akan mengerahkan anggota pramuka untuk mensukseskan program ini dan akan menjadi program tetap Pramuka Peduli Kwarda Kepri.

Turut hadir pada acara Penanaman 1 Milyar Pohon Kelapa tersebut  Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto,  Aspotwil Kas Kogabwilhan I Brigjen TNI Rafael Granada Baay, Kasrem 033/WP Kolonel Inf Juniras Lumban ToruanToruan, Kepala OPD dan 150 Anggota dan Pembina Pramuka.

Usai Menyapa Perwakilan Kwarcab se Kwarda Kepri via Zoom Meeting, Pjs. Gubernur yang juga selaku Ka. Mabida Kwarda Kepri membagikan sejumlah buku yang mengisahkan perjalanan sejarah kerajaan Melayu. (Zul)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *